Kamis, 04 Februari 2021

Pembahasan Matematika Paket 3


Dalam rangka memajukan kemampuan siswa kelas 6 Sekolah Dasar, maka kami menjajal mendatangkan kumpulan latihan soal USBN jenjang SD mata pelajaran matematika sebagai materi latihan. Bahan latihan matematika paket 3 ini tidak lengkap rasanya jikalau tidak disertai dengan pembahasan matematika paket 3. Pembahasan ini dilengkapi dengan langkah-langkah pengerjaan dan kunci jawabannya.





Pembahasan Matematika Paket 3





Pembahasan akan dibagi menjadi 1 kalangan. Kelompok pertama 1 sampai 10, kalangan kedua 11 hingga 20, golongan ketiga 21 sampai 30, dan golongan terakhir 31 sampai 35 yang merupakan soal uraian. Berikut ini pembahasan matematika paket 3 secara lengkap.





Pembahasan nomor 1 sampai dengan 10





  1. 3.102 – 1.326 + 2.688 = …
    = 1.776 + 2.688
    = 4.464
    Jadi hasil dari operasi hitung pengurangan dan penjumlahan di atas ialah 4.464 (A)

  2. 1.746 + 3.672 : 18 – 12 x 36 = …
    = 1.746 + 204 – 432
    = 1.950 – 432
    = 1.518
    Kaprikornus hasil operasi hitung adonan tersebut adalah 1.518 (D)

  3. 18 x 4 = 72
    18 x 2 = 36
    18 x 1 = 18
    Makara banyak buku, pensil, dan penggaris yang belum dibagikan ada 72, 36, dan 18 (B)

  4. -342 + 164 + (-268) =
    = – 178 + (-268)
    = -178 – 268
    = -446
    Kaprikornus hasil operasi hitung bilangan lingkaran faktual dan negatif yakni -446 (D)

  5. Bonus

  6. 34\(^3\) = 39.304
    Kaprikornus hasil operasi hitung pangkat 3 tersebut yaitu 39.304 (A)

  7. \(\sqrt4.096\) + \(\sqrt2.304\) : \(\sqrt256\) =
    = 64 + 48 : 16
    = 64 + 3
    = 67
    Makara hasil operasi hitung akar kuadrat di atas yakni 67 (C)

  8. 216  252  378   2
    108  126  189   3
      36    42    63  3
      12    14    21
    FPB = 2 x 3 x 3
    = 18
    Buku tulis = 378 : 18 = 21
    Penghapus = 216 : 18 = 12
    Jadi selisih penghapus dan buku tulis yang diterima setiap anak ada 21 – 12 = 9 (A)

  9. 1,675 x 100% = 167,50 % (5)
    \(\frac138\) x 100% = 162,50% (2)
    \(\frac53\) x 100% = 166,67% (4)
    \(\frac85\) x 100% = 160,00% (1)
    166% (3)
    Makara urutan penggalan dari yang terkecil ialah \(\frac85\); 1\(\frac58\); 166%; 1\(\frac23\); 1,675 (C)

  10. 3\(\frac34\) : 1\(\frac14\) : 1\(\frac45\) =
    = \(\frac154\) : \(\frac54\) : \(\frac95\)
    = \(\frac154\) x \(\frac45\) x \(\frac59\)
    = \(\frac53\)
    Jadi hasil pembagian pecahan campuran di atas yaitu \(\frac53\) (C)
    0,219 = 0,219 x 100% = 21,90% (2)
    27% = 27,00% (3)
    \(\frac212\) = \(\frac212\) x 100% = 16,666% (1)
    \(\frac714\) = \(\frac714\) x 100% = 50,00% (4)
    1\(\frac18\) = \(\frac98\) x 100% = 112,50% (5)
    Jadi urutan pecahan dari yang terkecil yang paling tepat ialah
    \(\frac212\); 0,219; 27%; \(\frac714\); 1\(\frac18\) (D)




Pembahasan nomor 11 hingga dengan 20







  1. Selasa = 320 x \(\frac21\) = 640 kg
    Senin = 640 x \(\frac85\) = 1.024 kg
    Kaprikornus banyak beras Pak Deni hari Senin ada 1.024 kg (C)




  2. (5 x 2) + (3 x 3) + (2 x 3) = 15.000
    10 + 9 + 6 = 15.000
    25 = 15.000
    \(\frac5 x 325\) x 15.000 = 9.000
    \(\frac3 x 125\) x 15.000 = 1.800
    \(\frac2 x 225\) x 15.000 = 2.400
    Uang yang harus dibayar Hadi sebanyak 9.000 + 1.800 + 2.400 = 13.200 (A)



  3. ((2,25 x 144) + 8) + (12 x 18)
    = 332 + 216
    = 548
    Makara banyak piring di rumah Ibu Berta ada 548 biji (D)

  4. (1,25 ton + 2,5 kuintal + (8 x 50 kg)) – (4,5 kuintal + 75 kg + (5 x 50 kg))
    = (1250 + 250 + 400) – (450 + 75 + 250)
    = 1900 – 775
    = 1.125 kg
    Makara berat dagangan Bu Berkah yang masih tersedia ada 1.125 kg (B).

  5. tali merah + tali kuning + tali hijau – 6 sambungan = 11,18 m
    4,18 m + 3,98 m + tali hijau – ( 6 x 0,14) = 11,18 m
    8,16 m + tali hijau – 0,84 m = 11,18 m
    7,32 m + tali hijau = 11,18 m
    tali hijau = 11,18 m – 7,32 m
    tali hijau = 3,86 m
    Kaprikornus panjang tali hijau 3,86 m (B)

  6. 4 jam 13 menit 22 detik
    2 jam 37 menit 44 detik 
    1 jam 35 menit 38 detik
    Kaprikornus hasil penghematan waktu tersebut ialah 1 jam 35 menit 38 detik (D)

  7. Volume kubus = rusuk x rusuk x rusuk
    = 24 x 24 x 24
    = 13.824
    Volume balok = panjang x lebar x tinggi
    13.824 = 36 x 16 x tinggi
    13.824 = 576 x tinggi
    13.824 : 576 = tinggi
    24 = tinggi

    Banyak kubus = \(\fracp x l x tr x r x r\)
    = \(\frac36 x 16 x 244 x 4 x 4\)
    = 9 x 4 x 6
    = 216 buah
    Makara banyak kubus kecil untuk menyanggupi balok tersebut ada 216 buah (B).



  8. Waktu = \(\fracjarakkecepatan\)
    = \(\frac1,8 km12 km/jam\)
    = 0,15 jam x 60 menit
    = 9 menit
    Makara Radit berangkat pukul 07.00 – 00.15 – 00.09 = 06.36 (B).

  9. Waktu papasan = \(\fracjarakK1 + K2\)
    = \(\frac10 km12 km/jam + 8 km/jam\)
    = \(\frac10 km20 km/jam\)
    = \(\frac12\)jam
    Jarak papasan dari rumah Arya = Kecepatan Arya x Waktu
    = 12 km/jam x 1/2 jam
    = 6 km
    Makara mereka berpapasan pada jarak 6 km dari rumah Arya (D).

  10. Luas arsiran = 2 x luas segitiga siku-siku
    = 2 x (a x t : 2)
    = 2 x (48 x 24 : 2)
    = 2 x 576
    = 1.152
    Jadi luas tempat yang diarsir yakni 1.152 (B)




Pembahasan matematika paket 2 nomor 21 hingga dengan 30





  1. Luas arsiran = phi x r x r x \(\frac360 – 216360\)
    = \(\frac227\) x 21 x 21 x \(\frac144360\)
    = 554,4
    Makara luas tempat yang diarsir adalah 554,4 (A)

  2. Luas permukaan = 2 x ((p x l) + (p x t) + (l x t))
    = 2 x ((97 x 23) + (97 x 19) + (23 x 19)
    = 2 x (2.231 + 1.843 + 437)
    = 2 x 4.511
    = 9.022
    Makara luas permukaan kayu tersebut adalah 9.022 (D)

  3. Luas permukaan tabung = (2 x luas ganjal) + luas selimut
    = (2 x phi x r x r) + ((phi x d) x t)
    = (2 x \(\frac227\) x \(\frac212\) x \(\frac212\)) + ((\(\frac227\) x 21) x 12)
    = 693 + 792
    = 1.485
    Jadi luas permukaan berdiri di samping adalah 1.485 (  )

  4. Volume = panjang x lebar x tinggi
    = 19 x 8 x 13
    = 1.976
    Jadi volume bangkit tersebut adalah 1.976 (D)

  5. Sudut yang besarnya sama dengan sudut BCD yakni sudut BAC. (C)

  6. Bangun datar yang memiliki 4 segi, dua pasang sisi sama panjang, dua buah sudut yang berhadapan sama besar, kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus yakni bangkit layang-layang (B)

  7. Sisi yang sejajar dengan sisi BFHD yaitu AEGC (A)

  8. Titik D terletak pada koordinat (-5, -2) (C)

  9. PNS = \(\frac40160\) x 100% = 25%
    Wirausaha = \(\frac32160\) x 100% = 20%
    TNI = \(\frac8160\) x 100% = 5%
    Petani = \(\frac48160\) x 100% = 30%
    Wiraswasta = \(\frac24160\) x 100% = 15%
    Buruh = \(\frac8160\) x 100% = 5%
    Makara diagram bulat yang paling cocok dengan tabel tersebut yakni (B)

  10. 445 pohon rambutan
    464 pohon kelengkeng
    446 pohon jeruk
    437 pohon mangga
    463 pohon matoa
    445 pohon jambu air
    Kaprikornus modus bibit pohon tersebut yaitu pohon kelengkeng (A)




Pembahasan nomor 31 hingga dengan 35





  1. Jarak pos II ke puncak gunung = 1,25 km – 5 hm
    = 0,75 km
    Jarak yang ditempuh pendaki = 1,25 km + 0,75 km
    = 2 km
    = 2.000 m
    Jadi jarak yang telah ditempuh pendaki dari pos I menuju puncak gunung dan menuju pos II sejauh 2.000 m.

  2. penggaris : bolpoin : buku tulis
        3         :     4 
    .                    1      :       2         x
         3         :    4      :       8
    3 + 4 + 8 = 15 => 15.000
    2 bolpoin = \(\frac2 x 415\) x 15.000 = 8.000
    3 buku = \(\frac3 x 815\) x 15.000 = 24.000

    Uang kembalian = (4 x 10.000) – (8.000 + 24.000)
    = 40.000 – 32.000
    = 8.000
    Kaprikornus uang kembalian Nina yakni 8.000



  3. Keliling taman = panjang + lebar + panjang + lebar
    = 56 + 28 + 56 + 28
    = 168 meter
    Kaprikornus banyak daerah duduk yang ada di taman 168 meter : 14 meter = 12 buah

  4. Selisih tinggi = tinggi tabung 2 – tinggi tabung 1
    Volume tabung 1 = phi x r x r x t
    1.848 = \(\frac227\) x 7 x 7 x t
    1.848 = 154 x t
    1.848 : 154 = t
    12 = t

    Volume tabung 2 = phi x r x r x t
    11.704 = \(\frac227\) x 14 x 14 x t
    11.704 = 616 x t
    11.704 : 616 = t
    19 = t
    Kaprikornus selisih tinggi kedua tabung yang dibentuk Udian yakni 19 cm – 12 cm = 7 cm.



  5. rata-rata = \(\fracjumlah databanyak data\)
    85 = \(\frac(6 x 86,5) + 2 siswa8\)
    85 x 8 = 519 + 2 siswa
    680 = 519 + 2 siswa
    680 – 519 = 2 siswa
    161 = 2 siswa

    Nilai siswa ke-1 = \(\frac1612\) + \(\frac92\)
    = 80,5 + 4,5
    = 85
    Nilai siswa ke-2 = \(\frac1612\) – \(\frac92\)
    = 80,5 – 4,5
    = 76






Demikianlah pembahasan matematika untuk paket 3 ini, jika masih terdapat pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Semoga berguna.



Sumber yu.com


EmoticonEmoticon