Dalam rangka mengasah kesanggupan siswa kelas 6 untuk menghadapi USBN maka kami menyajikan latihan soal USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi USBN yang berlaku. Soal-soal tersebut tidak lengkap rasanya kalau tidak ada kunci balasan dan pembahasan bahasa Indonesia paket 1 tahun fatwa 2019/2020.
Pada halaman ini kita akan melaksanakan pembahasan bahasa Indonesia paket 1 yang terdiri dari 40 soal opsi ganda dan 5 soal uraian. Soal dari pembahasan pada halaman ini mampu diunduh pada halaman latihan soal ujian nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar bahasa Indonesia Paket 1.
Pembahasan Bahasa Indonesia Paket 1 Tahun 2020
Pembahasan akan dibagi menjadi 5 golongan. Kelompok pertama 1 hingga 10, kelompok kedua 11 sampai 20, kalangan ketiga 21 sampai 30. Kelompok keempat 31 sampai 40, dan terakhir golongan kelima 41-45 yang ialah soal uraian. Berikut ini pembahasan bahasa Indonesia paket 1 menurut soal latihan USBN SD tahun ajaran 2019/2020 secara lengkap.
Pembahasan 1 hingga dengan 10
- Makna kata sutradara yaitu orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab atas dilema artistik dan teknis dalam pementasan drama, pengerjaan film, dan sebagainya.
(A) - Antonim kata keruh adalah jernih.
(D) - Tanaman talas sangat cocok ditanam dikala ekspresi dominan hujan sebab flora talas mendapat air yang cukup untuk perkembangan.
(D) - Kalimat utama terletak diawal atau diakhir tergantung kalimat yang lebih biasa .
(A) - Ide pokok diambil dari kalimat utama paragraf tersebut ialah bantu-membantu isu terkini panen.
(B) - Ringkasan paragraf tersebut adalah tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan serat untuk menyembuhkan rabun, sariawan, dan sembelit.
(A) - Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah dikala jam istirahat, para siswa berkunjung ke perpustakaan.
(B) - Paragraf tersebut tergolong jenis paragraf persuasi alasannya pada final paragraf terdapat ajakan.
(D) - Hal yang mau terjadi jikalau sebagian besar siswa tetap berkomunikasi dengan surat yaitu budaya menulis surat semakin berkembang.
(A) - Persamaan kedua teks tersebut adalah informasi bencana.
(A)
Pembahasan 11 sampai dengan 20
- Isian pada tabel tersebut harus memperhatikan teks dengan seksama.
(C) - Usaha yang dijalankan Gilang yaitu menyisakan duit jajan dan menolong pamannya berdagang kudapan manis.
(B) - Setelah matahari terbenam menunjukkan waktu malam hari.
(D) - Tokoh Gora mempunyai susila ceroboh, yang mempunyai arti tidak cermat.
(D) - Makna bunglon pada kisah tersebut ialah tidak tetap pendiriannya.
(B) - Makna kias jendela ialah wahana (alat atau fasilitas untuk mencapai sebuah tujuan)
(D) - Akhir kisah tersebut adalah Avin mengganti bola lampu di kamar adiknya.
(B) - Amanat cerita tersebut yaitu kita harus mematuhi pesan tersirat orang lain.
(A) - Maksud dari pernyataan yang dicetak tebal yaitu Sintia merasa bersalah alasannya adalah tidak mematuhi pesan tersirat ibunya.
(C) - Kesimpulan cerita tersebut yaitu ketidakpatuhan dapat menyebabkan kesusahan.
(A)
Pembahasan 21 hingga dengan 30
- Peristiwa yang akan terjadi kalau Sinta mematuhi pesan tersirat Ibunya untuk segera mengembalikan buku adalah buku PKN-nya tidak akan hilang.
(B) - Nilai akhlak aktual yang dapat diambil dari dongeng tersebut terdapat pada simpulan dongeng yakni meminta maaf dikala melaksanakan kesalahan.
(C) - Keteladanan yang mampu dicontoh dari tokoh Langit ialah mau mengakui kesalahan dan meminta maaf.
(D) - Zat kimia yang dipakai untuk membasmi gulma ialah herbisida.
(C) - Ungkapan yang tepat untuk memperlihatkan hasil karya puisi ialah buah pena.
(D) - Dalam dongeng tersebut tokoh Andi memperlihatkan perilaku tidak bertanggung jawab seperti peribahasa lempar kerikil sembunyi tangan.
(A) - Urutan yang sempurna penggunaan oven kompor ialah 3 – 5 – 1 -2 – 4
(C) - Kunci untuk menjawab terletak pada kalimat berikutnya yang memberikan para pembeli gampang mencari jenis barang. Hal ini menawarkan penataan yang bagus membuat lebih mudah pembeli.
(C) - Kata yang mempunyai persamaan dengan pisahkan sampah adalah memilah sampah.
(B) - Kalimat sebelumnya membahas wacana sampah, sehingga opsi kalimat selanjutnya juga berhubungan dengan sampah.
(B)
Pembahasan 31 sampai dengan 40
- Kalimat pertama dan kedua dihubungkan dengan kata taman. Kalimat kedua dan ketiga dihubungkan dengan kata air mancur. Kalimat terakhir dihubungkan dengan tanaman teratai.
(A) - Dua kalimat yang diberikan awalan dan akhiran penulisannya digabung.
(B) - Perbaikan tata kalimat harus sesuai susunan subjek-predikat-objek-keterangan.
(A) - Kata yang tepat untuk memperbaiki paragraf tersebut ialah menumpang, menggendong, menggandeng.
(A) - Kata tidak baku yang digunakan pada paragraf tersebut adalah tehnis -> teknis, aktifitas -> aktivitas, piranti -> peranti.
(C) - Penggunaan tanda baca yang tidak tepat adalah tanda seru dan tanda koma.
(B) - Tanda baca yang sempurna untuk menawarkan alamat atau lokasi yaitu koma.
(C) - Penulisan nama makanan tidak memakai abjad kapital.
(B) - Penulisan nama orang dan nama kawasan menggunakan karakter kapital.
(C) - Penulisan tanda baca yang sempurna yakni (,), (,), (-), (.).
(A)
Pembahasan 41 hingga dengan 45
- Orang bau tanah dapat melaksanakan dua cara semoga bawah umur terpesona dengan sayuran, diantaranya:
– Membuat olahan sayuran yang lezat dan menarik.
– Mengenalkan jenis sayuran dan keuntungannya. - Membuang sampah di sungai dapat mengakibatkan timbulnya aneka macam macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa timbul yaitu gatal-gatal pada kulit. Selain itu, mencampakkan sampah di sungai dapat menghancurkan habitat ikan. Jika ikan-ikan mati maka mata pencaharian masyarakat sekitar menjadi hilang.
- (6) Lubangi bab ujung kelapa muda!
(3) Tuangkan air kelapa muda ke dalam wadah!
(1) Belah kelapa muda menjadi dua bagian!
(4) Keruk daging kelapa muda memakai sendok!
(2) Masukkan daging ke dalam wadah yang berisi air kelapa muda!
(5) Tambahkan larutan gula merah dan es batu seperlunya! - Kesalahan penggunaan perumpamaan dan perbaikannya:
invlasi -> inflasi
industry -> industri
export -> ekspor
import -> impor
infestasi -> investasi - Anton bertanya, “Di mana letak Gang Kelinci, Bu?”
“Oh, letaknya di erat Jalan Merpati Putih, Nak.”
Demikian kunci jawaban dan pembahasan bahasa Indonesia paket 1 tahun ajaran 2019 / 2020. Apabila terdapat kekeliruan pada pembahasan di atas, silahkan tuliskan pada kolom komentar untuk mampu diperbaiki lalu. Terima kasih sudah berkunjung di pembelajar.net, biar menunjukkan faedah bagi generasi penerus bangsa.
Sumber yu.com
EmoticonEmoticon