RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 4 SD. RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai pedoman bagi guru kelas 4 SD dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 4 SD harus memiliki perangkat pembelajaran yang cukup biar mampu mengadakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, diantaranya yakni RPP kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning kegiatan pembelajaran tatap wajah untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran peserta asuh dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima asuh untuk berpartisipasi secara aktif dan menunjukkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni rencana yang menggambarkan mekanisme dan manajemen pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas bagian-komponen berikut. Identitas sekolah, yakni nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil mencar ilmu. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan komponen dan Sistematika RPP selaku berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan individual akseptor asuh, antara lain kesanggupan permulaan, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya berguru, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan akseptor bimbing. Partisipasi aktif peserta asuh. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, wangsit, penemuan, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pengertian beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat desain acara derma umpan balik faktual, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, dan sumber mencar ilmu. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas faktor berguru, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi info dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yakni tingkat kesanggupan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta bimbing pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang merefleksikan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keahlian. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar yakni sejumlah kesanggupan yang mesti dikuasai akseptor bimbing dalam mata pelajaran tertentu sebagai acuan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi ialah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk memperlihatkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi contoh evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang dibutuhkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi didik memuat fakta, desain, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta desain sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk merealisasikan situasi berguru dan proses pembelajaran supaya peserta didik meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil berguru diadaptasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu terhadap tolok ukur evaluasi. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, bahan latih, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan aktivitas awal dalam suatu konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk menghidupkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor latih untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk meraih Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dijalankan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, dan memotivasi akseptor didik. Di dalam kegiatan inti, peserta didik diajak untuk ikut serta aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup ialah kegiatan yang dijalankan untuk menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang dapat dikerjakan dalam bentuk rangkuman atau tamat, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 Berikut adalah RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4. Bapak/Ibu Guru dapat melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru inginkan. Download RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 4 SD Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema yang lain , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang lainnya mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga bermanfaat, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Rabu, 07 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 4 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4
Diterbitkan Oktober 07, 2020
Artikel Terkait
- Arti dan Kode Warna Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Logo Kementerian
- RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Dalam Negeri Mengeluarkan surat eda
- Download Ringkasan dan Pembahasan Soal UN Sekolah Menengan Atas/MA IPS 2018/2019
- PP 74 Tahun 2008 Tentang Guru Peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 yaitu per
- Download Pengumuman Hasil Akreditasi Tahun 2019 Provinsi Jawa Barat Tahap 1 BA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon