RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 5 SD. RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi selaku anutan bagi guru kelas 5 SD dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 5 Sekolah Dasar mesti memiliki perangkat pembelajaran yang cukup agar mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan meraih tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya adalah RPP kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 2 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana aktivitas pembelajaran tatap wajah untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, efisien, dan memotivasi peserta latih untuk ikut serta secara aktif dan memperlihatkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas komponen-komponen berikut. Identitas sekolah, ialah nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber berguru Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil berguru. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diputuskan unsur dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan perorangan akseptor latih, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kesanggupan sosial, emosi, gaya berguru, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta ajar. Partisipasi aktif akseptor asuh. Berpusat pada peserta ajar untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, penemuan, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pengertian beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, menampung rancangan acara bantuan umpan balik nyata, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, dan sumber belajar. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas faktor mencar ilmu, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi gosip dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan suasana dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kemampuan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki penerima ajar pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) wawasan; (4) dan keahlian. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar adalah sejumlah kesanggupan yang harus dikuasai peserta latih dalam mata pelajaran tertentu selaku rujukan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi yaitu sikap yang dapat diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi teladan penilaian mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil berguru yang diperlukan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi latih menampung fakta, desain, prinsip, dan mekanisme yang berhubungan , dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk mewujudkan situasi mencar ilmu dan proses pembelajaran agar penerima didik mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu diadaptasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada persyaratan penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, bahan didik, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam sebuah pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk menghidupkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor didik untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti ialah proses pembelajaran untuk meraih Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi akseptor ajar. Di dalam kegiatan inti, akseptor latih diajak untuk ikut serta aktif, menunjukkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup ialah kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam bentuk rangkuman atau selesai, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 2 Berikut ialah RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 2. Bapak/Ibu Guru dapat melaksanakan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 2 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema yang lain , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang lainnya dapat diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berguna, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Sabtu, 03 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 5 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 2
Diterbitkan Oktober 03, 2020
Artikel Terkait
- Download Ringkasan dan Pembahasan Soal UN SMA IPA/IPS 2018/2019 Ujian Nasional (
- VLC Media Player ialah aplikasi pemutar audio video yang ringan dan sungguh mendukung b
- RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon