RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 3 SD. RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai pedoman bagi guru kelas 3 Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 3 Sekolah Dasar mesti memiliki perangkat pembelajaran yang cukup biar mampu mengadakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya yakni RPP kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana kegiatan pembelajaran tatap tampang untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran akseptor ajar dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi secara aktif dan menunjukkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning yang menggambarkan mekanisme dan administrasi pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas komponen-bagian berikut. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber berguru Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil mencar ilmu. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 ihwal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diputuskan unsur dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diamati prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan individual akseptor didik, antara lain kesanggupan permulaan, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya berguru, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan akseptor ajar. Partisipasi aktif peserta latih. Berpusat pada peserta asuh untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, ilham, penemuan, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program dukungan umpan balik kasatmata, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas faktor berguru, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi isu dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, bahan atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yakni tingkat kemampuan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki penerima didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang merefleksikan : (1) perilaku spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keahlian. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar ialah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta latih dalam mata pelajaran tertentu selaku tumpuan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi adalah sikap yang mampu diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi pola penilaian mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi bimbing menampung fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang berkaitan, dan ditulis dalam bentuk peta desain sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan situasi mencar ilmu dan proses pembelajaran agar penerima asuh meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen evaluasi hasil mencar ilmu disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada patokan penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber berguru didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi didik, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan aktivitas permulaan dalam sebuah konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian penerima ajar untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, dan memotivasi peserta bimbing. Di dalam aktivitas inti, peserta asuh diajak untuk ikut serta aktif, memperlihatkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan kemajuan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan aktivitas yang dikerjakan untuk mengakhiri acara pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau akhir, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3 Berikut ialah RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3. Bapak/Ibu Guru dapat melaksanakan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 3 SD Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema yang lain , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang lainnya mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga bermanfaat, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Senin, 12 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 3 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3
Diterbitkan Oktober 12, 2020
Artikel Terkait
- RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
- RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
- RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- RPP Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon