Senin, 22 Februari 2021

Cara Gampang Menciptakan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja ialah sebuah hal penting yang banyak orang perlukan untuk mendapatkan pekerjaan. Adanya surat ini juga mampu memilih nantinya apakah Anda diterima kerja pada tempat yang dituju atau tidak.


Dalam membuatnya, Anda pasti mesti menuliskan hal-hal yang baik secara benar untuk mengiklankan diri Anda. Hal ini tentu akan menjadi nilai tambah bagi Anda untuk dapat diterima bekerja. Tidak sedikit kemungkinan bahwa untuk memasuki instansi atau perusahaan yang Anda kehendaki mampu menjadi hal yang suit sebab adanya persaingan yang ketat.


Beberapa Tips Menulis Surat Lamaran Kerja



  1. Baca dan pahami terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan pada lowongan pekerjaan yang dituju, dengan tujuan agar isi surat lamaran Anda tidak keluar dari konteks.

  2. Tulislah dengan menggunakan bahasa baku dengan kata-kata yang singkat, padat, terperinci, menawan serta mudah dimengerti.

  3. Tulis nama, gelar, jabatan, serta alamat perusahaan dengan terperinci dan benar. Perhatikan juga ejaan yang digunakan.

  4. Baca sekali lagi setelah selesai menciptakan surat lamaran kerja untuk memutuskan tidak ada kesalahan.

  5. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, Pastikan juga kertas yang Anda pakai higienis, tidak ada kotoran maupun bekas tip-ex atau bekas dihapus, serta tidak ada bekas lipatan pada kertas tersebut.

  6. Apabila Anda menjadikannya dengan goresan pena tangan, sebaiknya Anda tidak menggunakan tulisan tegak bersambung dan pastikan tulisan Anda mampu terbaca dengan jelas.



Baca: Tips Jitu Menjadi Wirausaha Sukses untuk Pemula



Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja


Berikut beberapa langkah gampang untuk membuat surat lamaran kerja yang lazimnya digunakan pada ketika melamar pada perusahaan, kantor, atau forum-lembaga kerja yang lain:



  1. Tulis tempat dan tanggal penulisan surat

  2. Kepada atau Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya, atau nama perusahaan yang akan dituju

  3. Tulis alamat lengkap perusahaan

  4. Salam hormat

  5. Tulis kata pengantar atau pembuka surat


Anda wajib mencantumkan wacana dari mana Anda mendapat berita tentang lowongan pekerjaan tersebut pada kata pengantar atau pembuka surat ini. Posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan juga perlu Anda sebutkan.



  1. Biodata eksklusif


Tulis juga biodata singkat pada isi surat lamaran kerja Anda. Isi biodata singkat tersebut antara lain nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone yang bisa dituju, dan alamat e-mail. Anda juga mampu menuliskan jenjang pendidikan dengan latar belakang pendidikan tertinggi Anda.



  1. Pengalaman kerja dan bidang kemampuan Anda


Anda juga dapat menuliskan pengalaman kerja jika sebelumnya Anda pernah melakukan pekerjaan di daerah lain. Bagi fresh graduate, Anda cukup menuliskan kesanggupan yang Anda miliki, atau hal-hal yang sekiranya diharapkan oleh perusahaan tersebut.



  1. Penutup


Dalam bagian epilog surat, tulislah kalau Anda mempunyai keinginan yang berpengaruh untuk mampu diterima pada perusahaan yang dituju tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih.



  1. Lampiran surat lamaran kerja


Anda juga perlu melampirkan beberapa hal semoga perusahaan yang dituju menjadi semakin yakin untuk menerima Anda. Beberapa hal yang sebaiknya Anda lampirkan antara lain selaku berikut:



  • Pas foto modern

  • Fotokopi KTP

  • Daftar riwayat hidup

  • Fotokopi ijazah terakhir

  • Fotokopi sertifikat atau kursus yang pernah Anda ikuti



  1. Hormat aku, Tanda tangan dan nama lengkap Anda


Itulah beberapa cara menulis surat lamaran kerja yang dapat Anda buat dengan mudah, tergolong  bagi Anda yang masih fresh graduate. Semoga isu di atas berfaedah dan selamat mencoba.



Sumber yu.com


EmoticonEmoticon