RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 2 SD. RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai anutan bagi guru kelas 2 Sekolah Dasar dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 2 SD mesti memiliki perangkat pembelajaran yang cukup semoga mampu mengadakan pembelajaran dengan baik dan meraih tujuan pembelajaran yang diperlukan, diantaranya adalah RPP kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap tampang untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran akseptor latih dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, agar pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, efisien, dan memotivasi peserta latih untuk berpartisipasi secara aktif dan menawarkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning yang menggambarkan mekanisme dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara lazim Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas unsur-komponen berikut. Identitas sekolah, yakni nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil berguru. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 wacana Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan komponen dan Sistematika RPP selaku berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan perorangan peserta ajar, antara lain kemampuan permulaan, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kesanggupan sosial, emosi, gaya mencar ilmu, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan akseptor didik. Partisipasi aktif akseptor ajar. Berpusat pada peserta asuh untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, ide, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pengertian beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan acara pertolongan umpan balik konkret, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek berguru, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi isu dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan keadaan. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, bahan atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yaitu tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki penerima asuh pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang merefleksikan : (1) sikap spiritual; (2) perilaku sosial; (3) wawasan; (4) dan keterampilan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar yaitu sejumlah kesanggupan yang mesti dikuasai penerima didik dalam mata pelajaran tertentu selaku rujukan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk memperlihatkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diharapkan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah diputuskan. 6. Materi Ajar Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang berhubungan , dan ditulis dalam bentuk peta rancangan sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen evaluasi hasil berguru disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada tolok ukur penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber berguru didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi asuh, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan acara permulaan dalam sebuah konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk meraih Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dikerjakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Di dalam acara inti, penerima latih diajak untuk ikut serta aktif, menawarkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan acara yang dikerjakan untuk menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang mampu dikerjakan dalam bentuk rangkuman atau selesai, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5 Berikut adalah RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5. Bapak/Ibu Guru dapat melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 4 ( Download ) RPP kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berguna, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Kamis, 15 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 2 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5
Diterbitkan Oktober 15, 2020
Artikel Terkait
- RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Cara dan Syarat Lengkap Mengajukan NUPTK pendikinfo.blogspot.com - NUPTK iala
- Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019 Undang-undang Nomor 20 Tahun
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon