Minggu, 09 Februari 2020

Cara Mengurutkan Data Di Excel Dengan Perintah Sort

Cara Mengurutkan Data di Excel Dengan Perintah Sort – Keunggulan ketika mengolah data dengan menggunakan program excel yakni ada banyak format, perintah dan ikon yang dapat digunakan dengan mudah. Salah satunya adalah ikon perintah Sort, perintah Sort sungguh berguna ketika berhadapan dengan ratusan atau ribuan baris data pada microsoft excel, utamanya dikala akan menyortir atau mengurutkan data semoga lebih terencana dan rapi. Ikon Sort Pada Excel Ikon Sort sendiri terbagi menjadi dua ialah Sort Ascending dan Sort Descending. Dari kedua bab tersebut memiliki beredaan fungsi atau kegunaan. 1). Sort Ascending Sort Ascending mampu dipakai untuk pengurutan data baik itu berbentukteks dan angka dari yang terkecil ke yang paling besar.  Perintah Sort Ascending jika diterapkan untuk menyortir atau mengurutkan data berupa teks ya itu akan diawali dengan aksara ABJAD.  Misal pada data yang kita buat terdapat abjad kata yang mulanya dengan aksara A maka akan tanpil paling selanjutnya dibarengi dengan kata yang berawalan karakter B, C, D dan seterusnya. Sedangkan Sort Ascending jikalau diterapkan untuk menyortir atau mengurutkan berbentukangka maka akan diawali dengan angka 1, berikutnya dikuti angka 2, 3, 4 dan seterusnya. 2). Sort Descending  Perintah Sort Descending yakni dapat dipakai untuk menyortir atau mengurutkan data pada excel dari yang terbesar ke yang terkecil, kebalikan dari ascending.  Sort Descending bila diterapkan untuk menyortir atau mengurutkan data berupa teks maka akan di urutkan dari karakter ABJAD terakhir. Sedangkan Sort Descending jika dipraktekkan untuk menyortir atau mengurutkan berbentukangka maka akan diawali dengan angka paling besar, misal 9, 8, 7, 6,... Kedua perintah Sort diatas bukan cuma digunakan untuk menyortir atau mengurutkan berbentukangka dan teks saja tetapi juga dapat dipakai untuk mengurutkan format tanggal, format waktu dan Format sel (Warna fill background atau warna font). Simak Juga Cara Mengabungkan 2 Sell Atau Lebih Dengan Merge Cell di Excel Cara Mengurutkan Data di Excel Dengan Perintah Sort Selanjutnya untuk mempermudah mengetahui cara kerja perintah Sort yaitu dengan melakukan praktek eksklusif.  Berikut ini kita akan coba memakai perintah Sort untuk mengurutkan data stok terbesar sampai dengan terkecil atau sebaliknya. Untuk mempermudah, saya akan meyiapkan dokumen yang berbentukdata stok barang, anda mampu menggunakan data berikut ini atau data lainya. .tg border-collapse:collapse;border-spacing:0; .tg tdborder-color:black;border-style:solid;border-width:1px;font-family:Arial, sans-serif;font-size:14px; overflow:hidden;padding:10px 5px;word-break:normal; .tg thborder-color:black;border-style:solid;border-width:1px;font-family:Arial, sans-serif;font-size:14px; font-weight:normal;overflow:hidden;padding:10px 5px;word-break:normal; .tg .tg-0laxtext-align:left;vertical-align:top Daftar Harga dan Persedian Handphone (HP) No Tipe HP Harga (Rupiah) Stok 1 vivo Y50 3.699.000 18 2 OPPO A52 2.999.000 26 3 Samsung Galaxy A31 4.199.000 16 4 Advan G5 1.399.000 13 5 Samsung Galaxy M31 3.499.000 9 6 realme 6 Pro 4.499.000 10 7 realme 6 3.799.000 21 8 vivo V19 4.999.000 4 9 OPPO Find X2 Pro 17.999.000 8 10 OPPO Find X2 14.999.000 3 1). Mengurutkan Data dengan Sort Ascending Pilih kolom D4:13 Pilih tab Data klik ikon A ke Z untuk mengurutkan A ke Z atau angka terkecil ke paling besar  Contoh diatas mengurutkan jumlah stok dari terkecil ke yang terbesa. Untuk mengurutkan teks pilih kolom B4:13 lalu klik Perintah A ke Z. 2). Mengurutkan Data dengan Sort Ascending Berikutnya yakni kita akan menjajal mengurutan tex dari Z ke A, caranya mampu dilihat dibawah ini. Pilih kolom B4:13 Pilih tab Data klik ikon Z ke A untuk mengurutkan Z ke A atau angka terkecil ke paling besar 3). Mengurutkan Data Menurut Kriteria Kita juga mampu memakai ikon perintah Urutan (Sort), teknik ini digunakan untuk memilih kolom yang ingin diurutkan, beserta kriteria lain mirip font atau warna sel.  Contoh dibawah ini ialah akan mengurutkan berdasarkan warna, langkah-langkahnya yaitu. Pilih satu sel yang ingin disortir Pilih tab Data Kemudian klik ikon Urutkan (Sort) berikutnya akan tampil jendela popup Urutkan Pada dropdown Sort On pilih Cell Color Pada bab dropdown Order pilih No Cell Color Terakhir tekan OK Hasilnya yaitu cell yang tidak terdapar warna akan ditampilkan terlebih dulu, baru dibarengi cell yang terdapat warnanya. Baca Juga:  Cara Sortir atau Mengurutkan Data Excel Berdasarkan Warna Diatas ialah salah satu cara yang mampu dilaksanakan untuk meyortir atau mengurutkan data, pastinya masih ada cara lainya.
Sumber https://thepleng.blogspot.com


EmoticonEmoticon