Setiap bisnis yang dibangun pasti tidak mampu terlepas dari aktivitas Marketing (Pemasaran). Tingkat penjualan produk / jasa y ang anda jual sungguh ditentukan oleh kesuksesan seni manajemen marketing yang dipraktekkan. Dalam mengerjakan dan menentukan straegi marketing, terdapat sebuah konsep yang sangat penting dan kuat terhadap tingkat penjualan. Menurut Kotler dan Amstrong, Marketing Mix yakni sekumpulan variabel-variabel marketing yang digunakan perusahaan untuk memburu sasaran pemasaran yang diinginkan. Namun dalam konteks sederhana Marketing Mix merupakan bauran desain-desain yang saling berkaitan, yang perlu a nda t erapkan dan jalankan demi keberhasilan pencapaian target pemasaran. Ada 7 (Tujuh) desain dalam Marketing Mix atau yang lebih diketahui dengan ungkapan “7P” Lantas apa saja konsep 7P tersebut?. Berikut uraian nya. 1. Product (Produk / Jasa) Yang dimaksud di sini adalah produk / jasa apa yang anda tawarkan . Hal yang sungguh penting yaitu a nda mesti tahu betul apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, sehingga produk / jasa yang disediakan sungguh-sungguh sesuai dengan yang diperlukan oleh pelanggan 2. Price (Harga) Penetapan harga jual mesti diperhitungkan secara matang, bukan cuma dari segi berapa laba yang mau diperoleh dari pemasaran, namun yang lebih penting adalah a nda mesti memperhitungkan apakah harga tersebut terjangkau oleh pelanggan di kawasan target pemasaran atau tidak. Terjangkau atau tidak nya harga jual, bergantung daya beli penduduk di sebuah tempat. Melakukan survey kemampuan daya beli penduduk perlu dilakukan untuk menentukan harga jual yang tepat, terjangkau dan memberi laba. 3. Place (Tempat) Anda mesti benar-benar tahu dimana target pasar anda, berada di kawasan mana dan dimana mereka sering menghabiskan waktu dan uang untuk berbelanja kebutuhan mereka sehari-hari. Dalam Marketing Mix, mengetahui dengan tepat untuk menempatkan produk di daerah yang banyak dikunjungi oleh sasaran konsumen anda. Tempat yang dimaksud di sini mampu berbentukoffline atau juga online bahkan anda juga mampu melakukan direc selling pribadi ke sasaran pelanggan. Jika penjualan dilaksanakan secara online pun mesti diketahui dengan sempurna dimana target konsumen anda sering menghabiskan waktu untuk bersosialmedia, membaca info atau berbelanja online, baik berbentukmedsos, aplikasi jual beli hingga situs web dan marketplace 4. Promotion (Promosi) Promosi ialah hal yang tidak mampu lepas dari pemasaran. Proses penawaran spesial ialah proses mengenalkan produk / jasa terhadap target pelanggan. Promosi sangat perlu dilaksanakan alasannya adalah mustahil produk / jasa anda bisa laku jikalau target konsumen anda tidak mengenali ihwal keberadaan produk / jasa anda tersebut. Dalam hal ini, anda mesti menentukan bagaimana cara nya biar sasaran pelanggan anda mampu mendapatkan informasi dengan baik dan benar tentang produk / jasa anda. Anda juga harus bisa mengenali mirip apa gaya penawaran khusus dan komunikasi yang digemari oleh target konsumen anda. 5. People (Sumber Daya Manusia) SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan unsur penting dalam sebuah bisnis / usaha, bagaimana tidak, tidak mungkin bisnis anda akan berjalan dan mampu memproduksi produk / jasa kalau tanpa SDM yang baik. SDM sungguh berperan penting dalam mengembangkan bisnis anda. SDM juga mewakili nilai dan gambaran bisnis anda. Sehingga rasa tenteram dan loyalitas pelanggan terhadap pelayanan, produk dan jasa yang anda tawarkan sungguh bergantung pada kualitas SDM bisnis anda. 6. Process (Proses) Proses mencakup setiap rangkaian acara mulai dari bikinan penyaluran hingga sampainya barang / jasa terhadap pelanggan. Proses juga meliputi pelayanan yang diberikan sampai proses transaksi pemasaran dengan konsumen. Anda harus menentukan bahwa konsumen bisnis anda mendapatkan pengalaman yang tenteram, mengasyikkan dan memuaskan dari setiap proses hingga barang mereka terima dengan baik. Survey kepuasan pelanggan juga perlu anda kerjakan untuk mengenali sejauhmana tingkat kepuasan konsumen anda kepada produk / jasa dan pelayanan bisnis anda. 7. Physical Evidence (Bukti Fisik Perusahaan) Bukti Fisik Perusahaan yang dimaksud di sini ialah, bagaimana Bisnis anda bisa memberikan rasa Trus (Percaya) kepada bisnis anda, sebab tidak ada transksi tanpa rasa percaya. Setiap pelanggan yang berbelanja produk / jasa anda pasti tak ingintertipu, mereka ingin mengenali bahwa bisnis anda betul-betul ada, baik berupa kantor, website resmi, surat-surat izin perjuangan sampai legalitas dari lembaga penjamin. Demikian bagian 7P yang terangkum dalam Marketing Mix yang mutlak harus anda terapkan dalam bisnis. Jika sinergitas dari ke-7P tersebut anda abaikan, maka target penjualan anda akan sukar tercapat. Karena penjualan terjadi bukan hanya alasannya anda pinter menjual, namun tergantung bagaimana anda membuat produk / jasa yang sempurna, dibutuhkan, terjangkau, dan bisnis yang diandalkan oleh target pelanggan anda Demikian bahan kali ini, biar dapat diketahui Terimakasih
Sumber https://karyadi-monikeun.blogspot.com
Rabu, 08 Januari 2020
Pemahaman Rincian Wacana Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Diterbitkan Januari 08, 2020
Artikel Terkait
- Jika mencari bisnis apa yang selalu menguntungkan, maka jawabannya adalah bisnis properti
- Bentuk Kerjasama Adsense Seperti Apa ?Saya selaku admin blog ini menawarkan kerjasama men
- Ada berbagai jenis perjuangan yang ada di Indonesia. Namun dari banyaknya jenis-jenis per
- Pengertian bisnis internasional sungguh luas. Inti dari jenis bisnis ini ialah cakupannya
- Komunikasi yang efektif sungguh diharapkan di dunia bisnis. Dengan komunikasi efektif, pe
- Menjadi wirausaha sukses memang cita-cita siapa pun. Namun untuk meraihnya memang tidak m
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon